Langkah membuat website

Bermacam-macam langkah yang dapat Anda gunakan untuk membuat sebuah website. Berikut ini adalah proses secara umum yang dilakukan kebanyakan desainer web di Indonesia untuk membuat website:

1. Membuat Sketsa Desain

Seorang desainer dapat menuangkan ide dalam membuat tampilan suatu website dalam bentuk sketsa terlebih dahulu. Untuk kebanyakan orang, biasanya langkah ini dilewatkan dan langsung pada langkah membuat layout desain dengan menggunakan software.

2. Membuat Layout Desain

Anda dapat menggunakan software seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan Adobe Fireworks untuk memperhalus sketsa desain.

3. Memecah gambar menjadi potongan kecit-kecil

Setelah layout desain website sudah jadi. File gambar tersebut dipecah menjadi potongan kecil-kecil untuk mengoptimalkan waktu download. Untuk melakukannya dapat menggunakan software Adobe Photoshop dan Adobe Fireworks. Software ini dapat langsung memotong gambar yang besar tadi dan otomatis juga menjadikannya ke dalam format html. Langkah ini dapat saja dilewatkan bila ukuran gambar Anda tidak terlalu besar.

4. Menyiapkan Animasi

Fungsi Animasi adalah untuk menghidupkan website Anda agar menarik pengunjung. Adobe Flash dan Gif Construction Set dapat dipakai untuk melakukan hal tersebut.

5. Membuat HTML

Anda harus merapikan layout desain Anda seperti menempatkan beberapa tombol dan gambar, menambah text, mengedit script HTML, dan membuat layout form ke dalam format HTML. Untuk itu Anda perlu software HTML Editor seperti Adobe Dreamweaver, Microsoft Frontpage, dan Allaire Homesite.

6. Menambahkan Programming dan Script

Untuk website e-commerce, iklan ban’s, lelang, database, membuat guestbook, counter, dan forum diskusi. File HTML Anda perlu programming untuk melakukan aktivitas semacam itu. Programming dan script ini dapat dibuat dengan menggunakan ASP, PHP, CGI, Borland Delphi, dan Visual Basic. Dan perlu diperhatikan bahwa programming dan script ini biasanya dilakukan setelah desain website Anda sudah jadi.

7. Melakukan Upload

Setelah file Anda telah menjadi html beserta gambar dan scriptnya, Anda perlu meng-upload file Anda ke suatu tempat (hosting), agar semua orang di dunia dapat mengakses halaman html Anda. Biasanya Adobe Dreamweaver dengan fasilitas site FTP dan Microsoft Frontpage dengan Publishnya telah menyediakan fasilitas upload ini. Atau dapat menggunakan software seperti WS-FTP, Cute FTP, LeapFTP, atau Bullet FTP.

 

Share

Submit a Comment

Desain Web, Membuat Website